Friday, May 22, 2009

Sekelompok Anak Muda Berbisnis Lobster Air Tawar


Ada sejumlah anggapan, agrobisnis bukanlah bisnis yang pas bagi anak muda. Mungkin karena cenderung berkotor-kotoran, sementara kalangan anak muda cenderung ingin bersih dan profesinya bergengsi.
Namun bisnis ini sebenarnya amat berpotensi dikembangkan dengan sistem budidaya baru, yang menghasilkan uang yang tak kalah bergengsi.

Dan syukurlah ada kecenderungan baru anak muda mulai serius menggarap bisnis ini. Misalnya sekelompok anak muda ini: Desmanto, Rudy, Sugianto, dan Andhika (Sugianto dan Andhika kemudian mengundurkan diri dan diganti Darwin). Mereka berempat mendirikan usaha lobster air tawar sejak awal 2008 lalu. Seperti diberitakan dalam website-nya, usaha mereka dinamakan Lobsterku Crayfish Farm dengan lokasi usaha berada di Terbangi Lampung dengan satu kolam tanah 90 m2 dan empat kolam semen masing-masing 4 m2 serta di Teluk Naga Tangerang (delapan kolam tanah 90 m2-150 m2, dan 15 kolam semen masing-masing 4-5 m2). Kolam semen digunakan sebagai tempat perkawinan lobster-lobster dan anakannya untuk konsumsi dikembangkan di kolam besar.

Dalam sebulan usaha mereka bisa menghasilkan 25-30 kg lobster yang jika dijual harganya sekitar Rp 135.000-150.000/kg. Jumlah panenan lobster per bulannya belum mencukupi untuk memenuhi pasar di Jakarta saja. Apalagi jika untuk merambah pasar lain. Dari sini saja potensinya memang besar. Namun sejauh ini Desmanto dan kawan-kawan memasarkan lobsternya ke restoran-restoran. Selain itu mereka juga menjual bibit lobster. Untuk bibit kapasitas produksinya mencapai 10.000 ekor/bulan.

Ternyata memiliki website banyak untungnya. Selain memudahkan memasarkan di dalam negeri, mereka juga berhasil mendapatkan order dari luar negeri. Kabarnya sebuah perusahaan di Togo memintanya memasok lobster air tawar sebanyak 100 kg/bulan untuk jangka waktu kontrak dua tahun. Untuk suatu usaha yang baru setahun dan bisa mendapatkan order dari luar negeri tentu prestasi yang tak bisa dianggap enteng, apalagi dijalankan oleh anak-anak muda. (Den Setiawan, den.setiawan@yahoo.co.id )(2 April 2009)

Sumber :
http://www.majalahduit.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=192:sekelompok-anak-muda-berbisnis-lobster-air-tawar&catid=48:cat-bisnisyuk&Itemid=63
22 Mei 2009

Sumber Gambar:
http://www.cheraxpark.com.au/images/large_pic13.jpg

No comments:

Post a Comment